Skip to main content

Purifying Emotions 2: Alasan kenapa "membaca" layak menjadi emotions purifyer yang baik

Postingan kali ini terkesan mirip-mirip dengan postingan di hipwee gitu ya? hihi
Setelah postingan sebelumnya membahas tentang "Menulis" sebagai salah satu emotions purifyer. Maka kali ini tidak beda jauh caranya, yakni... Membaca

Mungkin, tidak semua orang suka membaca. Sebagian menganggap bahwa membaca itu sebuah aktivitas yang membosankan. Hanya duduk diam, memegang buku, di ruang yang hening. "Ah, sepi sekali rasanya. Tidak berwarna. Tidak bersensasi".
Sedangkan sebagian sisanya beranggapan, "Oh tidak, membaca itu menyenangkan sekali. Kita bisa berpetualang kemanapun yang kita mau, mendalami apapun yang kita inginkan, yang tidak diajarkan di sekolah, di kampus, di tempat lainnya. Dengan membaca, kita bisa lebih bijak, lebih dewasa, dan lebih-lebih lainnya".

Pada akhirnya, baik tidaknya suatu anggapan, kembali bergantung pada masing-masing diri kita. Toh, jika kita berkutat dengan perihal suka atau tidak suka, setiap orang memiliki preferensinya masing-masing, begitu bukan?
Saya pribadi, bukanlah tipikal orang yang minat membacanya sedunia. Tapi kali ini, paling tidak ada beberapa perkara baik yang boleh dipertimbangkan tentang membaca.
Atau lebih tepatnya, bagaimana bisa membaca berfungsi sebagai emotions purifyer yang baik.

  • Banyak baca, banyak tahu, banyak belajar, banyak pergi ke suatu tempat.
image supported by: https://id.pinterest.com/perulib/library-quotes/

Ketika kita sedang penat, stress, rasanya ingin marah-marah saja. Seringkali kita lupa untuk mendinginkan hati dan pikiran. Maka, langkah pertama kali yang harus dilakukan ketika kita mulai merasa "naik darah" adalah, cobalah tenang. Semarah apapun, sejengkel apapun kita. Jangan sampai membentak, apalagi mengumpat. Jangan biarkan waktu kita terbuang untuk hal yang merusak kebahagiaan kita, senyum kita. Itu jelas rugi sekali!
Hal umum yang mudah dilakukan dan patut dicoba di saat seperti ini adalah, mengatur nafas kita. Sekiranya 10-15 menit saja cukup. Boleh pula setelah itu ditambah minum air mineral. 

Setelah kita tenang, waktunya untuk mendewasakan diri. Mengapa begitu?
Begini, status "naik darah" itu umumnya tak jauh dari kelalaian kita dalam mengontrol emosi, dan atau memahami maksud orang lain. Dan keterampilan mengelola emosi itu erat sekali hubungannya dengan kedewasaan diri. Sedang kedewasaan diri tak pula berkutat jauh dengan segala bentuk informasi yang membentuk sikap kita. Dan informasi yang membentuk sikap kita itu kemungkinan diperolehnya hanya 2, melalui apa yang kita amati, dengarkan, lalu dipraktikkan. Atau referensi yang kita baca.

Saya pribadi, setuju sekali dengan quotes di atas, semakin banyak kita membaca, semakin banyak kita tahu tentang sesuatu, pun semakin banyak pula hal yang bisa kita pelajari. Misal saja, ketika kita membaca buku. Kita tentu tahu bahwa buku yang kita baca itu jelas ada seseorang yang menulisnya. Maka secara tidak langsung, dengan kita membaca buku itu, kita tahu apa dan bagaimana hal-hal yang dipikirkan penulisnya.
Umumnya, seorang penulis sampai dapat menulis hal yang demikian tertulis di buku, pasti juga ada sesuatu yang menginspirasinya. Siapa? Kehidupan. Kehidupan yang ia sendiri jalankan dan amati.
Dan percayalah, kehidupan yang penulisnya jalankan, dengan kehidupan kita, tidak berbeda jauh. Berkisar antara bungah (suka, bahagia), atau susah (duka, kesusahan). Paling hanya waktu kejadiannya saja yang berbeda.
Nah, sekarang begini. Bayangkan ketika kita membaca buku, maka pikiran satu orang lah yang sedang kita baca. Maka logika matematisnya, semakin banyak buku yang kita baca, semakin banyak pikiran orang lain yang kita tahu. Maka seharusnya, kita lebih dapat memahami dan memaklumi orang-orang yang ada di sekitar kita ketika kita pergi kemanapun. Dengan kita memahami dan memaklumi inilah, kita dapat lebih bijak memahami maksud orang lain, pun jika harus marah, kita bisa marah dengan cara dan di tempat yang benar. *Meskipun marah seharusnya tidak menjadi opsi dalam menyelesaikan suatu masalah.

  • You are what you read!

image supported by: http://quotesgram.com/inspirational-quotes-about-books-reading/

Sepertinya quotes "You are what you read" begini sudah tidak asing ya? Entah itu terdengar di telinga ataupun sepintas ter-posting di sosial media. Tapi siapa sangka, saya baru menemukan esensi dari quotes ini justru melaui quotes yang lain, yang ada di gambar itu.
Cara memahaminya mudah sekali..
Begini, anda pernah baca novel? kira-kira berapa kali anda membayangkan diri anda berada di posisi yang sama dengan tokoh yang diceritakan? berapa banyak pula sesi cerita yang ada pada novel yang pas dengan yang pernah anda alami?
Atau, bagi yang kurang tertarik dengan buku-buku fiksi. Pertanyaannya tak jauh berbeda.
Berapa kali anda merasakan bahwa hal seperti yang dipaparkan dalam buku itu lah yang anda inginkan/butuhkan?
Kalau buku yang dibaca termasuk genre self-help. Berapa pula persentase anda akan melakukan tips trik yang ada pada buku untuk menjadi referensi solusi dalam mengatasi masalah anda?

Begitulah, 
Boleh jadi, kita menemukan jawaban dari apa yang selama ini kita pertanyakan dalam sebuah buku.
Boleh jadi, di dalam satu buku, tersimpan banyak hal yang sedang kita butuhkan.
Dan boleh jadi, dari sebuah bukulah kehidupan kita akan bergerak menjadi lebih baik.

Comments

Popular posts from this blog

Book's Review : Don't Be Sad (Laa Tahzan) >> Recommended book over years!

Bismillah.. Assalamu'alaykum :) Selamat pagi, siang, malam ^^ (silahkan sesuaikan dengan waktu kapan anda membaca postingan saya ini) Sebelum memulai review, seperti biasa, postingan saya akan diwarnai dengan curhatan yaa. hha :P Akhirnya, malam ini, setelah selama kurang lebih hampir dua minggu penuh waktu tidur saya berantakan sekali, sampai waktu tidur pun bisa saya hitung... selama dua minggu ini, saya hanya memiliki waktu tidur hanya 16 jam. Rinciannya kira-kira, selama seminggu pertama terhitung sejak tanggal 5-9 Mei, saya tidak punya waktu tidur sama sekali. Bukan ding, sebenarnya bukan tidak punya. But thanks to my perfectionist personality. Saya tidak bisa tenang untuk tidur sama sekali sebelum saya menyelesaikan project wajib mahasiswa tingkat akhir, yang tak lain dan tak bukan adalah S.(Kri)Psi BAB 4 dan BAB 5. Bukan, sama sekali bukan maksud hati ingin bilang kalau saya keren banget bisa bertahan selama itu mainan sama BAB 4. Justru sebaliknya, saya belum m

Your heart need a break

Being kind to yourself is a process, You've lived under people expectations over years, And those conditions not frequently making you wounded and leaving a scar. But afterall, life is never fail to give you lessons. So now, time for you to be healed, not to forget your wound, but to accept and thank them. Thank them for the lesson you've learned, just so you will address a merciful future life. Indeeed, there are no guarantee that you won't experience a painful event anymore. But hey... a strong heart always need an exercise to level-up, isn't it? _2021, February 12th_ (copyright image : blog.cityspotsfitness.com)

Book Review : Happy Little Soul >> One of the best parenting guidelines for every mom (and mom gonna be)

Identitas Buku Judul : Happy Little Soul Penulis : Retno Hening Palupi (@retnohening) Editor : Tesara Rafiantika Penerbit : Gagas Media Harga buku : IDR 80,000 Dokumentasi pribadi When you're a mother, you're never really alone in your thoughts. A mother always has to think twice, once for herself, and once for her child -- Sophia Loren  Ya, kurang lebih, quote diatas mewakili kesan yang saya dapat sepanjang saya membaca buku ini, lembar demi lembarnya. Di buku ini, saya seakan dibawa untuk mengerti dunia perjuangan sebagai ibu. Mulai dari menahan rasa mual, sakit, lemah ketika mengandung, lalu kemudian memuncak menjadi rasa sakit yang begitu hebat saat kontraksi akan melahirkan. Setelah melahirkan, lantas kemudian berusaha membangun bonding  dengan anak saat menyusui. Ah, rasanya jatuh bangun berkali-kali, waktu tidur yang berantakan, dan semacamnya itu menjadi panganan sehari-hari ketika peran seorang ibu mulai dipegang. Tidak sampai situ saja, memutar otak