Skip to main content

Low Budget Skincare Routine Product for Acne-Prone Skin

Akhirnya... setelah hampir dua bulan vakum menulis karena berhimpitan dengan beberapa aktivitas, akhirnya bisa kembali menulis lagi di blog kesayangan ini. Padahal list request tulisan sudah dari kapan menumpuk, tapi tak kunjung ada juga postingannya. Sampai mungkin teman-teman yang request sudah pupus saya PHP-in.
Maafkan yaa~ 

Baik, tapi saya coba tulis saja ya...
Semoga sedikit banyak bermanfaat.. 

Baiklaah.... masih ingat perbincangan di postingan Skincare Investation sebelumnya? *kalau belum baca, boleh silahkan klik link-nya ya! 
Nah, kalau bicara soal skincare a.k.a perawatan kulit terutama untuk wajah, memang terdengar costly ya? Ohhoo~ kalau saya, iya banget... haha
Tapi, seperti yang sebelumnya pernah saya bahas di postingan Skincare Investation...
Afterall, skincare itu tidak sebatas buang-buang duit percuma seperti kalau jajan makanan yang sekali jajan langsung habis. Melainkan sebagai langkah investasi preventif dan kuratif terhadap tekstur dan elastisitas kulit kita. 

Tapi.... bukan berarti pula kita harus mengeluarkan budget hingga jutaan agar hasilnya menawan. Mau berapapun harga produknya, yang menjadi kunci penting dalam perawatan kulit sebetulnya ialah ketelatenan melakukan skincare routine-nya, dan memilih kandungan yang memang pas dibutuhkan oleh kulit wajah. Meskipun harga produk ratusan ribu tetapi kandungannya tidak cocok atau tidak dibutuhkan oleh kulit kita, untuk apa? ya kan?

Well, afterall.... it's not like anggaran bulanan kita hanya diperuntukkan untuk membeli kebutuhan skincare saja kan? Banyak kebutuhan lainnya yang tentunya juga membutuhkan anggaran biaya. Apalagi mahasiswa, belum bekerja, dan dengan anggaran yang terbatas... 
Dan yak... saya pahaaaam sekali bagaimana rasanya harus menyeimbangkan budget bulanan agar skincare bisa jalan, jajan yang lainnya pun jalan... belum lagi kalau di momen-momen tertentu dimana pengeluaran sedang banyak-banyaknya (awal semester yg butuh beli banyak buku ataupun ketika masa skripsian. hha).
Jangankan karena anggaran terbatas, terkadang saya pun meski anggaran bulanan mencukupi untuk membeli skincare dengan mid or high budget, tapi toh saya masih suka saja tetap bertahan dengan skincare series low budget, karena alasan... "pingin ngirit dulu skincare-nya, biar nabungnya bulan ini lebih banyak dari biasanya". Wkwkwk.. 
(*dasar itung-itungan... Ah, biarin... namanya juga perempuan. Calon menteri keuangan rumah tangga, harus bisa mikir hemat lah! wahhahaha)

Nah... tapi bukan terus kemudian cari produk yang asal murah saja, prinsip skincare efektif itu tetap saja harus yang cocok dan sesuai dengan yang kulit kita butuhkan.
Oleh karena tipe kulit saya Acne-Prone skin, yang sensitif dan mudah sekali berjerawat...
Maka rekomendasi produk di bawah ini khususnya saya tujukan untuk tipe kulit yang Acne-Prone pula, meskipun... produk yang saya pakai di bawah ini bisa jadi efeknya berbeda dengan kulit kamu.

Alright, let's check it out~! Berikut rekomendasi produk Low Budget Skincare Routine yang saya pakai... sebut saja dia si "Skincare Hijau" haha *sejujurnya saya juga baru sadar waktu mau moto, kalau ternyata produknya warnanya ijo semua. Mungkin karena skincare untuk acne itu identik dengan anti-bacteria gitu kali ya? wkwk

*Disclaimer: harga produk yang saya sebutkan di bawah bisa jadi berbeda, tergantung belinya dimana dulu dan belinya zaman kapan. Oke?

Dokumentasi Pribadi

1)  First Cleanser : Viva Milk Cleanser Green Tea

Kalau topiknya tentang skincare murah dengan kualitas baik, brand Viva yang sudah melegenda ini pasti kesebut. Brand ini sejak dari zaman kita generasi 90'an belum lahir saja sudah lebih dulu ada dari kita. Viva Milk Cleanser Green Tea ini sebagai first cleanser saya sebagai alternatif Acnes Milk Cleanser. Harganya? Uhuww... jangan ditanya... bisa 1/3 sampai 1/4 nya dari Acnes Milk Cleanser.
Nah... untuk teksturnya, Viva Milk Cleanser Green Tea ini berbentuk cream hanya saja lebih cair. Untuk power membersihkannya, Viva Milk Cleanser Green Tea ini sudah cukup bersih kalau sekali dipakai membersihkan wajah tanpa make up. Sedangkan untuk menghapus make up, perlu diulangi 2-3 kali untuk sampai benar-benar bersih menghapus make-up *tentu saja tergantung dari seberapa banyak make-up yang digunakan.

Harga : sekitar 7 - 8 ribu
Tempat beli : 
Drugstore macam Watson, Guardian, toko kosmetik, onlineshop, literally dimana-mana ada sih. *tapi terkadang untuk varian Green Tea ini rada susah juga dapetnya, penggemarnya banyak sih. wkwk

2) Second Cleanser: Acnes Creamy Wash

Heheu.... kalau ini sih udah facial wash andalan sejuta umat ya kayaknya. Harganya terjangkau, daya bersihnya oke, saya sudah berkali-kali repurchase. Sepertinya reviewnya masih sama seperti postingan sebelumnya.

Harga: 26 - 28 ribu 
Tempat beli:
Drugstore macam Watson, Guardian, toko kosmetik, onlineshop, literally dimana-mana ada sih, even Indomaret pun jual. Saya belum pernah kesulitan menemukan dia dimanapun. haha

3) Scrub: St. Ives Apricot Scrub varian Fresh Skin

Reviewnya sama seperti postingan Skincare Investation (link-nya di atas tadi ya!). Saya beli versi travel size nya yang dari waktu itu belum habis juga. Padahal isinya cuma 30 ml tapi belum habis. Bukan... bukan maksudnya diirit-irit kok. Kebetulan berapa kali gitu kulit wajah saya break-out, so kalau pas sedang breakout, I'll skip this one. So far scrub ini masih jadi favorit saja. It cleanses my face so well. Habis pakai ini tuh wajah rasanya jadi mulus, berasa habis digerus semua namanya komedo, sel kulit mati, apalah, apalah... Mantep pisan lah pokona mah! Haha.. Ini saya pakai Seminggu 2x *kalau lagi nggak break-out.

Harga: 30 - 35 ribu
Tempat beli:
Watson, Guardian, onlineshop

4) Toner : Viva Face Tonic Green Tea

Yuhuu~ Viva lagi dong tentunya, kan milk cleanser nya juga Viva Green Tea. Nah... salah satu alasan kenapa saya suka dengan toner Viva yang Green Tea ini adalah karena setau saya hanya varian Green Tea ini yang alcohol-free . Jadi relatif pas dan aman untuk kondisi kulit saya. Biasanya saya mengaplikasikannya tidak di kapas, langsung aja dituang ke tangan, lalu ditepuk-tepukan ke wajah. Karena kalau ditaruh di kapas itu jatuhnya akan lebih boros, sebab harus dituangkan lebih banyak dan  lebih banyak terserap di kapas, yang masuk ke kulit wajah hanya sebagian kecil saja. Dan ternyata saya belajar dari beberapa beauty blogger dan vlogger pun cara ditepuk-tepukkan begini lebih bagus efeknya untuk kulit wajah. Tapi yah... ini hanya soal kenyamanan masing-masing kita saja sih. Kalau memang nyaman dengan dituangkan ke kapas, it's fine.

Harga : 7 - 8 ribu
Tempat beli : 
Drugstore macam Watson, Guardian, toko kosmetik, onlineshop, literally dimana-mana ada sih. *tapi terkadang untuk varian Green Tea ini rada susah juga dapetnya, penggemarnya banyak sih. wkwk

5) Aloe Vera Soothing Gel : The Saem 

Hemm.... kalau ngedeskripsiin produk yang satu ini mah speachless deh udah, Aloe Vera Gel ini yang paling berjasa dalam urusan merapikan tekstur dan kelembaban wajah saya. Setelah diaplikasikan ke kulit, dia cepet banget nyerapnya, dan sekalinya nyerap ke kulit, langsung kekunci gitu kelembaban kulitnya, jadi suka ngelus-elus muka jadinya. haha *alay. 
Aloe Vera ini saya masukkan dalam list product Low Budget Skincare karena dia sangat multifungsi dan lama habisnya. Dengan jar yang isinya 300 ml, Aloe Vera ini fungsinya bisa merangkap menjadi moisturizer (pelembab), pengganti Sheet Mask, sekaligus sebagai Sleeping Mask sehari-hari. Dan.... habisnya bisa sampai 3 bulan kalau di saya *pemakaian hanya untuk wajah saja. 
How? Worth the hype kan? 😍😝 

Harga : 109 ribu (harga resmi counter) buat 3 bulan; so perbulan 35-37 ribu
Tempat beli:
Counter The Saem, Guardian, onlineshop

6) Acne Gel/Lotion : Acnes Sealing Gel

Merk Acnes memang sudah pelopornya untuk skincare series for Acne-Prone ya, sepertinya. Nah, untuk Acne Gel ini aromanya sekilas seperti obat. Untuk khasiatnya kurang semantep Clean&Clear Acne Clearing Gel sih.. tapi tetep lumayan kok efeknya, hanya memang butuh waktu lebih lama dari Clean & Clear Acne Sealing Gel.

Harga : 27 - 30 ribu
Tempat beli:
Drugstore macam Watson, Guardian, toko kosmetik, onlineshop, literally dimana-mana ada sih, di Carrefour, Giant, gitu-gitu juga ada.

7) Sunscreen/Sunblock : Acnes UV Tint SPF 35 PA +++

Review-nya kurang lebih masih sama. Sejauh ini, sunscreen Acnes UV Tint ini adalah sunscreen andalan yang hasilnya enak di wajah saya, matte gitu. Plus dia bisa merangkap sebagai foundation. Acnes UV Tint ini juga jadi Sunscreen andalan banyak orang, terakhir saya liat di femaledaily ratingnya 4.2 dari skala 5. Hmm.... nggak heran sih banyak peminatnya. Saya suka Acnes UV Tint ini juga selain enak dipakainya, saya memang lebih suka sunscreen tipe physical suncsreen daripada chemical sunscreen.

Harga : 45 - 50 rb
Tempat beli : 
Watson, Guardian, onlineshop, literally dimana-mana ada sih, di Carrefour, Giant, gitu-gitu juga ada.


Naaah... syudah selesai deeh rangkain skincare routine-nya...
Yuk mari di total semuanya... kita pakai range harga termahal di atas yah.
Hitungan anggarannya perbulan ya~!


Viva Milk Cleanser Green Tea                                    =   8   rb
Acnes Creamy Wash                                                   =  28  rb
Scrub St.Ives Travel Size                                            =  35  rb
Viva Face Tonic Green Tea                                         =    8  rb
The Saem Aloe Vera Gel (/bulan)                               =  37  rb
Acnes Sealing Gel                                                       =  30  rb
Acnes UV Tint                                                            =   50  rb
--------------------------------------------------------------------------------  +
Total                                                                            =  196 rb


Yeaaay~ ini mah bisa jadi 200 K Skincare Challenge nih jadinyaa~ hohoo 😊😊
Baiklaah... sekian sharing dan review #SkincareTalk kali ini...
Semoga bermanfaat 😊
Terima Kasih sudah baca sampai sini 😊

Comments

Popular posts from this blog

Book's Review : Don't Be Sad (Laa Tahzan) >> Recommended book over years!

Bismillah.. Assalamu'alaykum :) Selamat pagi, siang, malam ^^ (silahkan sesuaikan dengan waktu kapan anda membaca postingan saya ini) Sebelum memulai review, seperti biasa, postingan saya akan diwarnai dengan curhatan yaa. hha :P Akhirnya, malam ini, setelah selama kurang lebih hampir dua minggu penuh waktu tidur saya berantakan sekali, sampai waktu tidur pun bisa saya hitung... selama dua minggu ini, saya hanya memiliki waktu tidur hanya 16 jam. Rinciannya kira-kira, selama seminggu pertama terhitung sejak tanggal 5-9 Mei, saya tidak punya waktu tidur sama sekali. Bukan ding, sebenarnya bukan tidak punya. But thanks to my perfectionist personality. Saya tidak bisa tenang untuk tidur sama sekali sebelum saya menyelesaikan project wajib mahasiswa tingkat akhir, yang tak lain dan tak bukan adalah S.(Kri)Psi BAB 4 dan BAB 5. Bukan, sama sekali bukan maksud hati ingin bilang kalau saya keren banget bisa bertahan selama itu mainan sama BAB 4. Justru sebaliknya, saya belum m

Your heart need a break

Being kind to yourself is a process, You've lived under people expectations over years, And those conditions not frequently making you wounded and leaving a scar. But afterall, life is never fail to give you lessons. So now, time for you to be healed, not to forget your wound, but to accept and thank them. Thank them for the lesson you've learned, just so you will address a merciful future life. Indeeed, there are no guarantee that you won't experience a painful event anymore. But hey... a strong heart always need an exercise to level-up, isn't it? _2021, February 12th_ (copyright image : blog.cityspotsfitness.com)

Book Review : Happy Little Soul >> One of the best parenting guidelines for every mom (and mom gonna be)

Identitas Buku Judul : Happy Little Soul Penulis : Retno Hening Palupi (@retnohening) Editor : Tesara Rafiantika Penerbit : Gagas Media Harga buku : IDR 80,000 Dokumentasi pribadi When you're a mother, you're never really alone in your thoughts. A mother always has to think twice, once for herself, and once for her child -- Sophia Loren  Ya, kurang lebih, quote diatas mewakili kesan yang saya dapat sepanjang saya membaca buku ini, lembar demi lembarnya. Di buku ini, saya seakan dibawa untuk mengerti dunia perjuangan sebagai ibu. Mulai dari menahan rasa mual, sakit, lemah ketika mengandung, lalu kemudian memuncak menjadi rasa sakit yang begitu hebat saat kontraksi akan melahirkan. Setelah melahirkan, lantas kemudian berusaha membangun bonding  dengan anak saat menyusui. Ah, rasanya jatuh bangun berkali-kali, waktu tidur yang berantakan, dan semacamnya itu menjadi panganan sehari-hari ketika peran seorang ibu mulai dipegang. Tidak sampai situ saja, memutar otak