Skip to main content

Review: Garnier PureActive Matcha Deep Clean Blackhead & Pore Purifying Clay Mask

Assalamu'alaykum...
Selamat tahun baru 2018, selamat merangkai plan dan target yang ingin dicapai selama satu tahun ini 😊

Kebetulan, untuk tahun ini saya bertarget membuat review sebanyak 50 postingan. Entah itu review buku, review tempat, dan yang tentunya review skincare product (terutama masker. haha 😜). Doakan semoga selalu berhasil mempertahankan mood untuk rutin menulis di blog ini ya. haha..

Oke, untuk review pertama di tahun 2018 ini saya buka dengan review skincare product, yaitu masker clay dari Garnier. Yeeay~

source : Dokumentasi pribadi

INTRODUCTION
Awal mula ceritanya saya bisa beli si clay mask hijau ini adalah saya sedang kembali ke solo, mengurus administrasi pasca wisuda dan pas waktu itu "kepintaran" saya ketika berangkat ke solo adalah, tidak membawa sheet mask, atau masker sama sekali. Lalu, waktu saya pergi ke indomaret dekat rumah kakak saya di solo, saya menemukan clay mask ini. Awalnya ragu mau beli, karena so far kulit saya sering tidak cocok dengan produk dari brand Garnier ini, kecuali compact powder-nya. (But, again.... perihal soal skincare itu cocok-cocokan, jadi kalau tidak cocok di saya belum tentu tidak cocok juga di kulit kamu). Nah, berhubung karena saya suka dengan yang berbau matcha, plus ada tulisannya tuh "For Acne-Prone Skin" yang tipe kulit saya banget, ditambah rasa penasaran banyak review yang beredar tentang sensasi hangatnya dari si matcha clay mask ini. Jadilah saya beli saja si hijau ini. Waktu itu saya beli harganya 17500 di indomaret untuk 2 sachet yang masing-masing bisa dipakai 2x satu sachetnya (tapi begitu dipakai, satu sachet aja bisa saya pakai 4x baru habis).
Lalu, malamnya saya cobalah masker itu... daaan~ ini dia reviewnya..

Packaging
Dari segi packaging, dia unique gitu ya.. antimainstream digandeng 2 sachet jadi satu. Lalu pemilihan cover packagingnya garnier itu entah mengapa selalu apik banget. Seger-seger gitu (good job, garnier! yeah~).
Nah, tapi minus nya untuk soal packaging juga, karena sachet begini jadi kurang higienis gitu, kudu colek-colek sachet yang sebelumnya udah kebuka. But, it's okay lah, I don't really mind.

Claim
"Debu polusi, makanan berminyak, air yang kotor - Gaya hidup di kota besar setiap hari membuat kulit tampak berminyak, kotor dan kusam. BARU! Matcha Deep Clean Clay Mask dengan 2x lipat ekstrak Matcha dan efek hangat ONSEN yang seperti saunan membantu membuka dan membersihkan pori-pori dari kotoran dan  debu polusi. Membersihkan miyak berlebih, sehingga mengurangi komedo dan kekusaman."

Jadi... dia punya 4 claim berarti yaa...
1. Efek hangat onsen yang membuka dan membersihkan pori-pori.
2. Membersihkan minyak berlebih
3. Mengurangi komedo
4. Mengurangi kekusaman

Tekstur
First thing first, maaf saya lupa foto tekstur produknya. Teksturnya itu mirip dengan clay mask pada umumnya, tapi nggak begitu kental gitu (lebih cair), dan ketika dicolek ke tangan aja memang udah berasa hangatnya gitu.
Kalau dari segi wanginya, wangi-wangi khas matcha gitu tapi kerasa banget juga kandungan perfume dari produknya (khasnya produk garnier nih kayaknya, kandungan perfume nya kuat).

Pemakaian
Cara pakainya gampang ya, tinggal colek-colek maskernya dari sachet, terus diolesin ke wajah. Lalu di diamkan selama 3 menit. Iya, 3 menit aja. Nah yang lagi pada tanyain.. 

Kalau lebih dari 3 menit gimana?
Waktu itu saya coba sih nggakpapa.. sampai 15 menitan malah. Karena waktu itu sotoy gitu awal-awal pake langsung timer hp 15 menit (e si pinter emang. ckck), pas mau pemakaian kedua baru baca instruksi di sachetnya ternyata cuma 3 menit aja. Alhamdulillah kulit saya ndak kenapa-napa waktu itu. So, readers kalau sudah dibaca instruksinya 3 menit, cukup dipakai 3 menit aja ya... Bukan gimana-gimana, skincare product begini kan, terbuat dari bahan kimia ya, jadi khawatirnya kalau digunakan lebih dari yang dianjurkan, khawatirnya justru memicu efek samping dari bahan-bahan kimia yang ada di produk itu untuk membuat reaksi ke kulit kita.

Perlu ditunggu sampe kering nggak?
Believe me, maskernya nggak akan kering-kering mau dipakai berapa lama juga. Justru malah kayak meleleh gitu teksturnya di kulit. Jadi kalau sudah 3 menit, langsung dibilas aja ya..

Result
So far, selama saya menghabiskan 1 sachet maskernya, which is 4x pemakaian, menurut saya...
Si hijau ini..
- Lumayan oke untuk mengurangi minyak di wajah, sensasi hangatnya ketika dipakai juga kerasa dan kalau ngaca itu keliatan ada seperti bintik-bintik seperti memang kebuka pori-porinya.
- Kalau untuk mengurangi komedo, sepertinya kurang tepat tapi boleh juga sih dibilang begitu. Kalau saya bilang, jadi cara kerjanya si produk ini itu kulitnya dihangatkan agar pori-porinya kebuka. Nah, kalau udah kebuka otomatis mudah untuk mengeluarkan komedonya. Jadi memang setelah dibilas, komedo itu memang jadi bermunculan gitu ke permukaan kulit. Jadi gampang digerus/diambilnya. 
- Mengurangi jerawat? Nope.... it doesn't affect me at all.. hmph!

Ingredient analysis
Nah, ini dia yang selalu saya biasakan kalau ingin memilih ataupun mereview produk. Saya biasa mengecek dulu ingredientsnya disini (silahkan klik). Kalau ada referensi lain untuk mengecek ingredients produknya, boleh dong saya diinformasikan ya~
Nah, untuk Garnier Matcha Clay Mask ini... kebetulan sudah ada yang mengecek ingredientsnya ketika di website itu, jadi saya hanya meneruskan informasinya saja. Silahkan di klik.


Nah, dari hasil analisis di atas, bisa dilihat kalau rata-rata-rata komposisinya cenderung memiliki safety yang safe to mid ya.. artinya, beberapa komposisi tingkat safety nya hijau (artinya aman), beberapa ada yang  safety nya kuning (cukup aman), dan ada nih.. yang tingkat safety ya merah.... Geraniol (fragrance)-nya kuat banget, artinya, relatif kurang aman dan perlu dipertimbangkan lagi efeknya nih kalau untuk digunakan jangka panjang.
Kalau dari segi acne dan irritant, saya bersyukur untuk bahan-bahan yang menjadi ingredients di produk ini tidak ada yang memiliki kecenderungan membuat iritasi atau menimbulkan jerawat. (But still, it depends on your skin condition). Jadi, alhamdulillah untuk produk garnier yang satu ini, it doesn't break my skin out.

Conclusions

Pros:
-Claim ONSEN-nya yang menghangatkan terasa
-Cukup oke untuk mengurangi minyak di wajah
-Cukup oke mengurangi komedo
-Kemasannya travel friendly
-Harganya terjangkau (budget friendly) 1 sachet bisa untuk 4x pakai.
-It doesn't break me out
-Mudah didapat, even di Indomaret pun ada

Cons:
-Kurang higienis
-Perlu mikir-mikir lagi untuk penggunaan jangka panjang
-Nggak oke untuk ngurangin jerawat

Rate :  3 / 5 

Repurchase? Maybe, sekali-sekali. 


Semoga bermanfaat 😊

Comments

Popular posts from this blog

Book's Review : Don't Be Sad (Laa Tahzan) >> Recommended book over years!

Bismillah.. Assalamu'alaykum :) Selamat pagi, siang, malam ^^ (silahkan sesuaikan dengan waktu kapan anda membaca postingan saya ini) Sebelum memulai review, seperti biasa, postingan saya akan diwarnai dengan curhatan yaa. hha :P Akhirnya, malam ini, setelah selama kurang lebih hampir dua minggu penuh waktu tidur saya berantakan sekali, sampai waktu tidur pun bisa saya hitung... selama dua minggu ini, saya hanya memiliki waktu tidur hanya 16 jam. Rinciannya kira-kira, selama seminggu pertama terhitung sejak tanggal 5-9 Mei, saya tidak punya waktu tidur sama sekali. Bukan ding, sebenarnya bukan tidak punya. But thanks to my perfectionist personality. Saya tidak bisa tenang untuk tidur sama sekali sebelum saya menyelesaikan project wajib mahasiswa tingkat akhir, yang tak lain dan tak bukan adalah S.(Kri)Psi BAB 4 dan BAB 5. Bukan, sama sekali bukan maksud hati ingin bilang kalau saya keren banget bisa bertahan selama itu mainan sama BAB 4. Justru sebaliknya, saya belum m

Your heart need a break

Being kind to yourself is a process, You've lived under people expectations over years, And those conditions not frequently making you wounded and leaving a scar. But afterall, life is never fail to give you lessons. So now, time for you to be healed, not to forget your wound, but to accept and thank them. Thank them for the lesson you've learned, just so you will address a merciful future life. Indeeed, there are no guarantee that you won't experience a painful event anymore. But hey... a strong heart always need an exercise to level-up, isn't it? _2021, February 12th_ (copyright image : blog.cityspotsfitness.com)

Book Review : Happy Little Soul >> One of the best parenting guidelines for every mom (and mom gonna be)

Identitas Buku Judul : Happy Little Soul Penulis : Retno Hening Palupi (@retnohening) Editor : Tesara Rafiantika Penerbit : Gagas Media Harga buku : IDR 80,000 Dokumentasi pribadi When you're a mother, you're never really alone in your thoughts. A mother always has to think twice, once for herself, and once for her child -- Sophia Loren  Ya, kurang lebih, quote diatas mewakili kesan yang saya dapat sepanjang saya membaca buku ini, lembar demi lembarnya. Di buku ini, saya seakan dibawa untuk mengerti dunia perjuangan sebagai ibu. Mulai dari menahan rasa mual, sakit, lemah ketika mengandung, lalu kemudian memuncak menjadi rasa sakit yang begitu hebat saat kontraksi akan melahirkan. Setelah melahirkan, lantas kemudian berusaha membangun bonding  dengan anak saat menyusui. Ah, rasanya jatuh bangun berkali-kali, waktu tidur yang berantakan, dan semacamnya itu menjadi panganan sehari-hari ketika peran seorang ibu mulai dipegang. Tidak sampai situ saja, memutar otak